Pernahkah kamu mendengar istilah raw sugar? Yup sesuai dengan namanya, gula ini merupakan jenis gula yang masih mentah. Selain raw sugar, kita juga mengetahui adanya refined sugar alias gula yang sudah dirafinasi. Gula ini cenderung memiliki warna yang lebih putih. Bukan hanya itu saja, tingkat kemurniannya juga lebih tinggi apabila kita membandingkannya dengan gula pasir yang kita miliki di rumah. Jadi, apa sih yang membedakan raw sugar, gula rafinasi, dan jenis gula lainnya? Berikut ini penjelasannya!

1. Gula rafinasi dibuat dari raw sugar

Gula rafinasi memiliki tampilan warna yang lebih cerah dan putih. Maka dari itu, tidak heran apabila refined sugar alias gula rafinasi memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi apabila jika kita bandingkan dengan gula pasir yang ada di pasaran. Ada dua jenis gula rafinasi yang kerap kita temui, yakni gula meja yang dikenal sebagai sukrosa maupun corn syrup high fructose.

2. Gula mentah tidak dapat dikonsumsi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, raw sugar merupakan jenis sukrosa yang sudah melalui proses sintesis menggunakan bahan dari tebu. Karena masih mentah, raw sugar tidak dapat kita konsumsi secara langsung. Maka dari itu, raw sugar haruslah diolah lagi menjadi gula rafinasi alias refined sugar. Ketika dalam melalui proses lanjutan, maka kandungan molase yang merupakan cairan kental pada gula mentah akan dihilangkan terlebih dahulu.

3. Gula pasir sebagai bahan pemanis umum

Nah, kalau jenis gula yang satu ini pasti sudah banyak dikenal oleh masyarakat karena memang gula inilah yang paling banyak dijual di pasaran. Gula ini berbentuk menyerupai pasir serta memiliki tekstur yang agak kasar. Sementara itu, gula pasir bisa kita gunakan untuk memberikan rasa manis pada makanan, minuman, serta dijadikan pengawet seperti selai.

4. Gula rendah kalori untuk mengontrol berat badan

Gula rendah kalori merupakan gula yang terbuat dari maltodextrin. Gula rendah kalori ini memiliki zat sintetik yang bisa dicerna secara mudah, misalnya saja seperti sakarin, stevia, aspartam, maupun sukralosa.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *