Pemerintah telah merilis pertambahan kasus baru Covid 19 sebanyak 1.624 pada hari ini, Jumat (1/10/2021). Tambahan kasus hari ini mengalami penurunan dibanding sebelumnya, yakni 1.690 kasus. Saat ini, total kasus infeksi corona di Indonesia berjumlah 4.216.728 hingga Jumat (1/10/2021) sore.

Adapun untuk kasus sembuh bertambah 2.811, sehingga totalnya menjadi 4.039.835 hari ini. Dikutip dari Twitter Kementerian Kesehatan, kasus kematian harian tercatat bertambah 87 jiwa. Saat ini, total kasus kematian akibat Covid 19 di Indonesia sebanyak 142.026 jiwa.

Sementara itu, kasus aktif di Indonesia berjumlah 34.867 kasus. Gejala paling umum: Demam

Batuk Kelelahan Kehilangan kemampuan untuk merasa atau mencium bau (anosmia)

Gejala serius yang membutuhkan perawatan medis segera, yakni Napas pendek atau sulit bernapas Tidak dapat berbicara, kehilangan mobilitas atau merasa linglung

Nyeri dada Ini bukan daftar lengkap, namun gejala serius yang paling sering ditemukan. Jika menunjukkan gejala ini, sebaiknya segera minta bantuan medis.

Gejala tidak terlalu umum: Sakit tenggorokan Sakit kepala

Sakit dan nyeri Diare Ruam pada kulit atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Mata merah atau iritasi pada mata Jika mengalami gejala Covid 19 lebih baik segera periksa ke petugas medis. Kemudian, Anda yang memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit Covid 19 maupun terpapar pasien positif covid 19 juga sebaiknya lakukan pemeriksaan.

Orang yang terkena virus Corona akan menunjukkan gejala dalam 1 14 hari sejak terpapar virus. Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas pada kasus tertentu. Anda perlu mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun dan air selama 20 detik.

Terutama setelah berada di tempat umum, atau setelah meniup hidung, batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia,gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit Covid 19. Beri jarak antara diri Anda dan orang lain jika Covid 19 menyebar di komunitas Anda. Tetap di rumah jika Anda sakit,kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.

Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat Anda batuk atau bersin atau menggunakan bagian dalam siku Anda. Lempar tisu bekasdi tempat sampah. Segeracuci tanganmudengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik.

Kenakan masker wajah jika Anda sakit agar tidak menular. Bersihkan dan disinfeksi permukaan yang sering disentuh setiap hari. Misalnya, meja, gagang pintu, sakelar lampu, countertops, gagang, meja, telepon, keyboard, toilet, keran, dan bak cuci.

Tindakan menjaga jarak dengan orang sekitar, dimaksudkan untuk mengurangi penyebaran virus corona. Simak berita lainnya terkait

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *